12/02/18

Makanan yang Dapat Mengurangi Rasa Mual

Trimester pertama kehamilan merupakan sebuah tantangan bagi calon ibu dimana morning sickness dimulai. Untuk mengurangi morning sickness ini, ibu bisa mencoba berbagai makanan yang memang dapat mengurangi masalah ini. Namun tidak boleh makanan sembarangan. Ingat, makanan yang dikonsumsi harus masuk kategori makanan sehat untuk ibu hamil muda karena ibu tidak hanya makan untuk dirinya sendiri lagi namun juga buah hatinya.

Makanan anti mual yang masih termasuk daftar makanan masa kehamilan yang membantu bayi tumbuh sehat dan pintar berdasarkan web Momma adalah
  • Jahe

Menggunakan jahe segar ternyata bisa membantu mengurangi morning sickness. Kok bisa? Senyawa gingerol yang ada pada jahe dapat membuat suasana hati ibu membaik dan tidak hanya itu, jahe juga membantu agar sirkulasi darah kembali normal dan membantu menyembuh diare. Yang lebih penting adalah jahe aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Gimana cara gunain jahe? Rebus jahe atau mudahnya ibu hanya perlu geprek jahe dan dimasukan ke dalam air panas. Kemudian airnya diminum. 
Oiya, tidak ada salahnya menambahkan madu atau gula merah agar minuman jahenya lebih manis.
  • Apel Hijau

Apel terutama apel hijau merupakan alternatif cemilan sehat bahkan untuk ibu yang sedang mengandung. Apel mengandung banyak sekali vitamin C dan serat yang dapat melancarkan pencernaan dan meningkat sistem imun tubuh. Selain itu, apel hijau membantu mengurangi rasa mual dan sekaligus mengisi perut agar tidak kosong.
Jika bosan mengkonsumsi apel secara langsung, ibu bisa mencoba mencampurnya dengan buah lain, yogurt ataupun oatmeal.
  • Jeruk

Salah satu buah yang paling segar adalah jeruk dan rasanya yang segar ternyata bisa menjadi senjata ampuh untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat morning sickness. Buah ini juga mengandung vitamin C dan zat asam yang baik untuk kesehatan dan pencernaan ibu.
  • Pisang

Buah yang sering digunakan sebagai peganti konsumsi karbohidrat ini ternyata dapat membantu mengurangi morning sickness. Dan pisang mengandung berbagi mineral yang membantu perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Mineral apa aja yang dapat ditemukan dalam pisang? Seperti zat kalium, besi, magnesium dan kalsium.
  • Kentang

Konsumsi kentang membantu menstabilkan gula darah dan kandugan flavonoidnya dapat mengurangi rasa cemas serta menjaga kadar gula dalam darah. Tentu saja, kentang ini bisa mengurangi mual sehingga dimasukan dalam list daftar makanan yang dapat mengurangi rasa mual.

Semoga artikel ini membantu pada ibu dalam mengatasi morning sickness-nya.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►